PT Rifan – Harga Emas Naik Didorong Memburuknya Krisis AS-Cina

PT RIFAN BANDUNG – Harga Emas Berjangka naik pada hari Senin (04/05) di Asia didorong meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat-Cina selama akhir pekan.

Emas berjangka naik 0,49% di $1,708.90 per ons, sementara XAU/USD juga naik 0.28% ke level $1.703.87 per ons pada pukul 13:16 WIB, setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan pada Jumat silam menaikkan tarif impor Cina “tentu saja merupakan pilihan” lantaran ia menyebut Cina salah menangani penyebaran pandemi covid-19.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga menambah panas situasi dengan menyatakan ada “sejumlah bukti besar” bahwa virus covid-19 berasal dari laboratorium Cina tetapi tidak merinci apa buktinya. Ketegangan ini memberi tekanan atas saham-saham, yang biasanya bergerak berlawanan arah dengan logam kuning. Indeks S&P 500 berjangka turun 0,61% di 2.804,50.

Sementara itu, para pejabat Federal Reserve AS memperingatkan kemungkinan dampak berkelanjutan sektor tenaga kerja dan produktivitas jika pemulihan tidak ditangani dengan baik sebelum langkah-langkah karantina wilayah covid-19 dilonggarkan di beberapa negara bagian dalam beberapa hari mendatang.

The Fed telah menggelontorkan dana triliunan dolar guna mendukung perekonomian yang tengah berperang melawan covid-19 – PT RIFAN

Sumber : investing.com

Leave a comment