PT Rifan Financindo Berjangka – Rupiah Cetak Hat-trick & Juara Asia

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG – Nilai tukar rupiah kembali menguat melawan dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Rabu, melanjutkan tren positif sejak awal pekan. Meredanya kecemasan akan kenaikan inflasi menjadi tenaga bagi rupiah untuk menguat sejak kemarin.

Begitu perdagangan hari ini dibuka, rupiah langsung menguat 0,07% ke Rp 14.390/US$. Tetapi mayoritas perdagangan dihabiskan rupiah dengan stagnan di Rp 14.400/US$. Beberapa menit sebelum perdagangan ditutup rupiah akhirnya “ngebut” dan finish di level Rp 14.350/US$.

Tidak hanya menguat, rupiah juga membukukan hat-trick alias penguatan tiga hari beruntun. Tidak hanya itu, rupiah kembali menjadi juara alias mata uang dengan kinerja terbaik di Asia hari ini.

Bank Indonesia (BI) melaporkan Indeks Penjualan Riil (IPR) turun sebesar 20,6% secara tahunan atau year-on-year (yoy) pada Mei 2020. Lebih dalam dibandingkan dengan penurunan sebesar 16,9% (yoy) pada April 2020.

Penurunan penjualan bersumber dari kontraksi penjualan di seluruh kelompok komoditas yang dipantau. Penurunan terdalam pada sub-kelompok sandang serta kelompok barang budaya dan rekreasi

Pada Juni 2020, BI memperkirakan penjualan ritel sedikit membaik meski masih dalam fase kontraksi. Hal ini tercermin dari prakiraan pertumbuhan IPR sebesar -14,4% (yoy) Juni 2020, tidak sedalam kontraksi penjualan pada bulan Mei.

Perbaikan kinerja penjualan eceran terutama terjadi pada kelompok makanan, minuman dan tembakau serta bahan bakar kendaraan bermotor.

Penurunan penjualan ritel dalam 2 bulan terakhir bisa dimaklumi, sebabnya penerapan social distancing, dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah membuat aktivitas ekonomi menurun drastis. PSBB baru mulai dilonggarkan pada bulan Juni lalu, sehingga penjualan ritel diramal akan membaik – PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : cnbcindonesia.com

Leave a comment