PT Rifan Financindo Berjangka – Emas Naik Dipicu Terhentinya Penguatan Dolar, Data Rilis Sebagai Fokus

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG – Emas naik pada Jumat karena dolar terhenti, dengan fokus investor beralih ke data pekerjaan AS, meskipun emas masih turun untuk minggu ini.

Berdasarkan data investment.com pukul 17.45 WIB, spot emas naik 0,42% menjadi $ 1.938.96 per ons. Tetapi masih di jalur penurunan 1,3% untuk minggu ini, peningkatan oleh kenaikan dolar AS ditambah dengan beberapa data yang optimis, termasuk angka manufaktur yang kuat dari Amerika Serikat dan negara lain, yang tidak memberikan harapan untuk kebangkitan ekonomi yang cepat dari Kemerosotan akibat pandemi COVID- 19. Sementara emas berjangka AS naik 0,42% menjadi $ 1,945,95 per ons.

“Laporan pekerjaan akan pekerjaan panggung untuk semua kelas aset,” kata analis Saxo Bank Ole Hansen, seperti yang dikutip Reuters.

“Jika pasar ekuitas ditutup pada catatan yang lebih lemah setelah laporan, dan mengingat AS menuju akhir pekan yang panjang, kita mungkin melihat beberapa kekuatan dalam emas.”

Indeks dolar stabil terhadap saingannya, membuat emas lebih murah bagi mereka yang memegang mata uang lain, mengambil jeda dari tempat pembantuan greenback di jalur untuk minggu terbaiknya sejak pertengahan Mei.

“Sejak pemulihan, pergerakan USD telah berhenti untuk saat ini, yang merupakan elemen positif bagi emas,” kata kepala analis ActivTrades, Carlo Alberto De Casa.

Saham dunia turun tipis karena memperhatikan beralih ke angka non-penggajian AS yang akan dirilis pada 1230 GMT, dan pasar harapan gaji tumbuh 1,4 juta pada Agustus, dibandingkan 1.763 juta pekerjaan yang disebutkan pada bulan sebelumnya.

Dalam jangka panjang, emas, yang telah naik 27% sepanjang tahun ini, masih kuat, tetapi “membutuhkan lebih dalam,” kata Hansen dari bank Saxo.

Sedangkan Perak naik 0,7% menjadi $ 26,82 per ons tetapi telah merosot 2,3% untuk minggu ini. Palladium turun 1,3% menjadi $ 2,256,83 per ons. Platinum naik 1,9% menjadi $ 905,80 per ons, tetapi berada di jalur untuk minggu pertama pertengahan Maret, turun lebih dari 2,8% – RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : investing.com

Leave a comment