PT Rifan Financindo – Emas Stabil Dipicu Penguatan Dolar AS Melawan Permintaan Safe Haven

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Kestabilan emas dalam kisaran yang ketat pada Senin (07/09) petang, penguatan dolar AS mengimbangi dukungan setelah dituliskan atas dampak negatif ekonomi dari pandemi COVID-19.

Berdasarkan data investment.com pukul 16.30 WIB, titik emas turun tipis di $ 1.928,25 per ons, setelah mencapai level terendah satu minggu di $ 1.916,24 pada hari Jumat. Pasar AS tutup untuk libur Hari Buruh pada hari Senin. Sementara emas berjangka AS naik 0,06% menjadi $ 1.935,40 per ons.

Indeks dolar AS naik 0,2% terhadap enam mata uang utama, membuat emas mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Tren dolar saat ini adalah “tembok besar risiko” terhadap emas, kata Stephen Innes, kepala strategi pasar di AxiCorp, seperti yang dikutip Reuters.

“Tema umum dari laporan pekerjaan AS minggu lalu menunjukkan bahwa pemulihan terus melambat … Narasi suku bunga yang lebih rendah untuk jangka panjang terus berpadu dengan baik untuk kenaikan emas.”

Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan pada hari Jumat bahwa laporan pekerjaan AS untuk Agustus adalah “bagus,” tetapi mencatat bahwa kenaikan yang cenderung melambat, The Fed berencana memperbaiki kebijakan moneternya selama bertahun-tahun.

Bank sentral global telah menghentikan stimulus besar-besaran dan memangkas suku bunga nol untuk kerusakan kerusakan ekonomi virus korona, membantu emas naik lebih dari 28% tahun ini. Fokus sekarang tertuju pada keputusan kebijakan Bank Sentral Eropa pada hari Kamis.

Suku bunga yang lebih rendah dari risiko peluang memegang batangan yang tidak memberikan hasil.

Namun, permintaan fisik yang rendah tetap menjadi hambatan untuk emas karena kasus virus korona di India, yang merupakan konsumen emas batangan terbesar kedua di dunia, telah melampaui Brasil untuk berada di posisi kedua setelah Amerika Serikat.

Spot emas mungkin melambung ke $ 1.949, karena telah menembus resistrn di $ 1.936 per ons, kata analis teknis Reuters Wang Tao.

Sementara perak stabil di $ 26,87 per ons, platinum naik 0,8% menjadi $ 901,89 dan paladium naik 0,5% menjadi $ 2.308,32 – PT RIFAN FINANCINDO

Sumber : investing.com

Leave a comment