Rifan Financindo – Harga Emas Spot Naik, Terangkat Pelemahan Dolar Dan Jelang Pertemuan ECB

RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Harga emas naik ke level tertinggi dalam hampir seminggu pada perdagangan Rabu. Terangkat pelemahan dolar Amerika Serikat (AS) dan membatalkan pengembangan vaksin korona mendorong investor melirik logam safe-haven .

Melansir Reuters, harga emas spot naik 0,7% menjadi US $ 1.945,20 per ons troi. Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup naik 0,6% menjadi US $ 1.954,90.

“Kami melihat beberapa retakan pada dolar setelah Bank Sentral Eropa (ECB) melukiskan sedikit gambaran yang cerah dan emas bergerak lebih tinggi,” kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

Asal tahu, turun 0,2% setelah Bloomberg melaporkan pertumbuhan ECB dan proyeksi inflasi yang akan dipublikasikan pada hari Kamis hanya akan menunjukkan sedikit perubahan dibandingkan dengan perkiraan bank pada bulan Juni.

Sebelumnya, anggota dewan ECB Isabel Schnabel mengatakan bahwa perkembangan ekonomi sejak Juni secara luas sejalan dengan ekspektasi bank sehingga “baseline” bank masih dipertahankan.

Sementara itu, uji coba global vaksin potensi Covid-19 AstraZeneca karena penyakit yang tidak dapat menyatakan pada peserta penelitian.

Berita penundaan mungkin secara tidak langsung mendukung emas, karena bisa menyebabkan perlambatan ekonomi yang berkepanjangan dan ekspektasi lebih lanjut dari stimulus fiskal, kata analis Saxo Bank, Ole Hansen.

Pandemi Covid-19 telah berangkat bank sentral untuk memberikan stimulus besar-besaran, membantu memperoleh emas sekitar 28% sepanjang tahun ini karena sebagai lindung nilai terhadap potensi penurunan nilai mata uang dan inflasi.

Tapi reli emas ini mengirimkan rapuh,” kata Haberkorn. “Dari sudut pandang teknis, kami membutuhkan emas untuk ditutup di atas US $ 1.950 agar bull mengambil kendali.”

Di tempat lain, platinum naik 1,5% menjadi US $ 914,58 per ons troi. Pada hari Selasa, World Platinum Investment Council mengubah perkiraannya untuk pasar pada tahun 2020 dari surplus menjadi defisit.

Harga perak naik 0,4% menjadi US $ 26,81 dan paladium datar di US $ 2, .275,47 – RIFAN FINANCINDO

Sumber : kontan.co.id

Leave a comment