PT Rifan Financindo – Harga Emas Berjangka Naik 1,7% Kembali Ke Level USD1.800


PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG – Harga emas berjangka terangkat hampir 1,75% pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), mencatat keuntungan untuk hari ketiga berturut-turut ketika ekspektasi kenaikan inflasi memicu kekhawatiran valuasi ekuitas dan mendorong investor menuju logam safe-haven, sementara dolar AS yang lebih lemah memberikan dukungan lebih lanjut.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman pada bulan April di divisi COMEX New York Exchange, melonjak USD31 atau 1,74% menjadi ditutup pada USD1.808,40 per ounce. Akhir pekan lalu, Jumat (19/2/2021), emas berjangka menguat USD2,4 atau 0,14% menjadi pada USD1.777,40.

Kami melihat aliran investasi ke emas karena pelaku pasar semakin cemas tentang kenaikan suku bunga riil yang dapat memengaruhi valuasi ekuitas,” kata ahli strategi komoditas TD Securities Daniel Ghali diansir dari Antara, Selasa.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun mencapai level tertinggi hampir satu tahun, meningkatkan peluang kerugian memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Namun, meningkatnya imbal hasil riil dan kekhawatiran inflasi membuat valuasi ekuitas terlihat lebih longgar dan mendorong investor menuju aset-aset safe-haven seperti emas, yang secara luas dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi.

“Dolar saat ini sedang rendah dan itu mendukung. Alasan sebenarnya untuk kenaikan harga emas dalam jangka panjang adalah kemungkinan kenaikan inflasi,” kata analis Commerzbank Eugen Weinberg – PT RIFAN FINANCINDO

Sumber : okezone.com

Leave a comment