PT Rifan – Rupiah Sudah Lama Teraniaya

PT RIFAN BANDUNG – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat bergerak menguat di perdagangan pasar spot pagi ini. Rupiah punya ruang untuk menguat karena sudah babak-belur belakangan ini.

Hari ini US$ 1 dihargai Rp 14.350 kala pembukaan pasar spot. Rupiah melemah tipis 0,07% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

Namun seiring perjalanan, rupiah mampu berbalik menguat. Pada pukul 08:09 WIB, US$ 1 setara dengan Rp 14.335 di mana rupiah menguat 0,04%

Sepanjang minggu kemarin, rupiah melemah sampai 4,22% di hadapan dolar AS. Ini membuat rupiah menyandang ‘gelar’ sebagai mata uang terlemah di Asia.

Bahkan secara year-to-date, rupiah pun sudah melemah sangat dalam yaitu 3,31%. Padahal pada Januari rupiah sempat menguat di kisaran 2% dan menjadi mata uang terbaik dunia.

Akan tetapi, pelemahan yang sudah parah itu membuka peluang bagi rupiah untuk membukukan technical rebound. Rupiah yang sudah ‘murah’ akan kembali menarik di mata investor sehingga memunculkan aksi borong.

Konsensus pasar yang memperkirakan terjadi inflasi secara bulanan (month-on-month/MoM) sebesar 0,22%. Kemudian secara tahunan (year-on-year/YoY) diperkirakan terjadi inflasi 2,91%. Inflasi inti secara YoY diproyeksi 2,84%

Kemungkinan laju inflasi sepanjang 2020 tetap terkendali di kisaran 3% plus minus 1. Meski agak sulit untuk mempertahankan inflasi di bawah 2% seperti tahun lalu, tetapi rasanya tidak ada lonjakan yang berarti dan membuat inflasi ‘lari’ dari kisaran target.

Inflasi domestik yang terkendali membuat keuntungan berinvestasi dalam rupiah tetap tinggi. Keuntungan riil yang didapat masih positif setelah dikurangi inflasi, Misalnya, saat ini imbal hasil (yield) obligasi pemerintah seri acuan tenor 10 tahun adalah 6,887%. Dengan inflasi yang sampai Februari katakanlah 2,91%.

Oleh karena itu, data inflasi juga bisa menjadi sentimen positif bagi investor. Asal tidak ada kejutan, sepertinya rupiah bisa finis di jalur hijau hari ini – PT RIFAN

Sumber : cnbcindonesia.com

Leave a comment